Tips Ibadah Bulan Ramadhan Agar Lebih Khusyudan Khidmat

Adab untuk Melaksanakan Tadarus di Rumah Saat Ibadah Puasa Ramadan

Tanpa terasa, bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Namun, Ramadhan tahun ini terasa sedikit berbeda bagi para muslim di seluruh dunia mengingat adanya wabah virus corona atau Covid-19 yang menjangkau setiap negara, termasuk Indonesia.

Dalam hal ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan Indonesia sudah memberikan himbauan supaya masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga daya tahan tubuh selama pandemi virus corona ini berlangsung. Dan salah satu cara terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta istirahat yang cukup.

Selain itu, anda juga harus berolahraga walaupun sedang berpuasa. Olahraga ini bisa memberikan berbagai manfaat untuk anda seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga anda tetap fresh, semangat untuk beraktivitas walaupun sedang berpuasa. Agar puasa ini tidak membuat anda lemas atau lapar, maka sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat, yakni sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa sehingga setelah berolahraga anda bisa langsung makan dan minum ketika berbuka nanti.

Selain itu, dalam menjalankan puasa  di tengah wabah ini anda juga harus menghindari bertemu dengan banyak orang, rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan hingga memperbanyak kegiatan di dalam rumah.

Sementara itu, agar anda bisa melaksanakan ibadah puasa dengan khidmat dan khusyu, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  1. Saling Memaafkan

Tips ibadah bulan Ramadhan supaya lebih khidmat dan khusyu pertama adalah saling memaafkan. Hal ini sudah menjadi tradisi yang seringkali dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia sebelum menyambut datangya bulan suci Ramadhan. Saling memaafkan satu sama lain ini supaya ibadah yang dijalani dapat berjalan dengan lebih baik. Karena sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, anda harus menjadi pribadi yang lebih suci lahir dan batin.

Artinya, suci dari pikiran yang buruk, iri dengki, dendam dan berbagai macam penyakit hati lainnya. Maka dari itu, menjelang bulan suci Ramadhan, hendaknya umat muslim bisa saling memaafkan satu sama lain supaya bisa membebaskan diri dari kesalahan pada orang lain dan juga bisa membersihkan hati. Dengan demikian, anda bisa lebih mudah untuk menjalani berbagai bentuk ibadah selama bulan suci Ramadhan dengan penuh khusyu dan khidmat.

  1. Segera Menuntaskan Sisa Utang Puasa Tahun Sebelumnya

Mungkin ada sebagian orang yang memiliki utang puasa di tahun sebelumnya karena berbagai hal, misalnya bagi kaum perempuan yang mengalami haid sehingga diharamkan bepuasa pada bulan Ramadhan dan harus diganti di bulan lainnya. Bagi anda yang memiliki utang puasa jangan lupa untuk segera membayarnya supaya tidak menjadi beban untuk menjalani puasa di tahun sekarang.

  1. Mempelajari Ilmu Tentang Seputar Ramadhan

Tips selanjutnya adalah mempelajari ilmu tentang bulan suci Ramadhan. Dengan mengetahui ilmu seputar bulan Ramadhan, seperti keutamaan bulan suci Ramadhan, fiqih puasa di bulan Ramadhan, keutamaan puasa di bulan Ramadhan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan. Tentunya anda akan lebih termotivasi untuk menjalankan ibadah puasa ini, karena anda sudah mengetahu ilmunya.

  1. Menyambut Gembira Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Hal penting lainnya yang harus dipersiapkan menjelang Ramadhan adalah menyambut bulan Ramadhan dengan penuh sukacita. Karena hal ini termasuk amalan baik, yakni dengan cara bersyukur karena sudah dipertemukan lagi dengan bulan mulia yang penuh ampunan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *