Dapatkan Sparepart Genset Murah dan Berkualitas

Seiring dengan majunya teknologi. Listrik menjadi salah satu kebutuhan primer. karena aktifitas kita ditemani listrik dari pagi hingga malam. namun terkadang saat pasokan listrik dari PLN berkurang beberapa perusahaan ataupun perkantoran malah tidak dapat keuntungan karena industry dan perkantorang sangat bergantung pada listrik. Salah satu solusi dan cadangan daya listrik adalah dengan mengunakan Genset atau Generator set. Genset adalah sebuah mesin generator gabungan antara generator listrik dan sebuah mesin penggerak. Keduanya disatukan untuk menjadi alat pengeerak yang menghasilkan listrik. biasanya Genset berbahan bakar Gas, Bensin tau Solar. Banyak berita atau kecelakaan yang dikarenakan kelalaian kita menggunakan genset. Padahal kecelakaan tersebut bisa kita hindari. selain kecelakaan Genset nya juga bisa berumur panjang, awet dan tahan lama dan berfungsi optimal. Berikut tips perawatan Genset dari mulai pembersihan sampai sparepart genset nya.

 

  • Letakan genset ditempat kering

Point pertama adalah jangan menyimpan Genset sembarangan. Simpanlah genset di tempat kering. selain itu hindarkan dari sinar matahari dan tempat yang penuh debu karena bisa memperlambat kinerja genset dan membuat genset cepat rusak. Jika menyimpan genset ditempat basah akan sangat berbahaya sekali. karena bisa saja memicu sengatan listrik yang mengakibatkan kecelakaan.

 

  • Jaga kebersihan genset

Perhatikanlah kebersihan genset, dengan kamu menjaga kebersihannya maka genset akan bekerja dengan opitimal selain tampilan luar nya yang lebih enak dipandang. apalagi dibagian radiator. supaya genset awet dan tahan lama pemebersihan genset dengan terartur juga  mencegah masuknya oli, minyak, debu atau kotoran apapun yang masuk ke bagian vital genset  lewat celah-celah body genset. dan merusak atau menurunkan kinerja genset.

  • Memberikan sirkulasi udara yang baik

sewaktu genset dioperasikan di dalam ruangan, pastikanlah ruangan tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik. karena berguna untuk membuang udara kotor yang keluar dari genset. selain itu ruangan juga bebas polusi udara pengguna lebih aman dari racun juga membuat mesin tidak mudah panas.

  • Pastikan genset dioperasikan sesuai standar dengan benar

Pastikan pengguna membaca dulu manual book sebelum mengoperasikan genset. supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan, kecelakaan dan lain-lain. usahakan pengguna harus benar-benar tau mengoperasikan genset dengan benar.

  • Perhatikan kabel-kabel

Karena genset merupakan penghasil daya listrik pastilah terdapat kabel-kabel yang perlu perhatian. rawat kabel-kabel tersebut jangan sampai ada yang terlepas, atau rusak karena kabel adalah bagiabn terpenting dari genset.

  • Cek oli mesin secara berkala

Salah satu bagian penting dari genset adalah Oli. periksalah oli secara teratur apabila sudah keruh atau sudah berkurang dari jumlah yang ditentukan, sebaiknya ganti. Atau ganti setiap berkala 6 bulan sekai saja sudah cukup maupun jika keadaan oli sudah tidak terlihat normal.

  • Perhatikan bahan bakar

Banyak kasus kerusakan genset dikarenakan lalai nya pengguna mengisi bahan bakar. sebelum pengoprasian genset sebaiknya check dulu bahan bakar. karena jika genset dipaksa untuk bekerja dengan bahan bakar tidak mencukupi genset bakal mengalami kekeringan dan cepat rusak.

  • Ganti sparepart

Genset yang sudah lama beroperasi pastilah terdapat sparepart genset yang tidak bekerja secara optimal. maka segeralah melakukan pergantian. jika tidak, bisa merusak ke bagian sparepart yang lainny. jika seperti itu tentulah genset menjadi cepat rusak dan tidak bisa digunakan.jika perlu info tentang sparepart genset kamu bisa membaca buku manualnya saat kamu membeli genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *