Segala Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Baju Batik

Arjuna Weda Baju Koko Batik Tenun Lombok Merah

Siapa yang tidak kenal dengan batik? Warisan budaya Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara ini mempunyai sejarah yang panjang dalam budaya Nusantara. Ditilik dari segi bahasa, batik bisa diartikan sebagai ‘menulis titik’ dalam bahasa Jawa. Pada awal kemunculannya, batik merupakan mata pencaharian wanita Indonesia zaman dahulu dalam membantu suami mereka menghidupi keluarga. Pada zaman dahulu, batik merupakan representasi kasta seseorang dalam tersebut dan hanya golongan tertentu saja yang diperbolehkan mengenakan pakaian ini.

Batik sendiri mulai muncul pada abad ke-18 di zaman kerajaan Majapahit, saat batik tulis menjadi batik yang paling populer. Kala itu, Mojokerto menjadi salah satu daerah produsen batik paling terkenal di pusat kerajaan Majapahit. Sejak saat itu, batik terus bertahan hingga zaman modern, di mana namanya terus menjadi salah satu simbol identitas Indonesia. Saking terkenalnya batik hingga ke seluruh dunia, UNESCO bahkan menganugerahkan penghargaan ‘Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity’ pada warisan budaya yang satu ini. Setelah ditetapkan sebagai warisan budaya non benda pada tahun 2009, maka Indonesia pun secara rutin selalu memperingati tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Kini, baju batik bisa dipakai oleh siapa saja, tanpa mengenal status sosial ataupun ekonomi. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas sedikit lebih jauh tentang seluk beluk baju batik dan juga rekomendasi produk baju batik yang bisa Anda temukan saat belanja online di toko online terpercaya.

Teknik Membatik Yang Banyak Digunakan Di Indonesia

Arjuna Weda Blouse Batik Dobby Gunungan Hati Merah

Membatik memang bukan keahlian yang bisa dikuasai dalam sehari. Dibutuhkan latihan cukup lama serta bakat seni khusus untuk bisa menjadi pembatik profesional. Ini diperlukan agar batik yang dihasilkan bisa memberikan ciri khas yang menonjol. Untuk mengikuti perkembangan zaman yang sudah makin maju, Indonesia saat ini mengenal 3 teknik berbeda dalam menghasilkan pola-pola batik seperti yang kita kenal.

  • Batik Tulis

Seperti yang telah dibahas di atas, teknik batik tulis adalah teknik yang memakan waktu paling lama dalam pengerjaannya sekaligus merupakan teknik membatik pertama yang dikenal di Indonesia. Kunci utama dalam pembuatan batik tulis terletak pada kesabaran dan juga ketelitian individu yang mengerjakannya. Inilah yang membuat batik tulis mempunya nilai seni yang sangat tinggi sekaligus melambungkan harganya. Diperlukan alat-alat klasik membatik seperti kompor, canting, lilin wax hingga pensil pola untuk membuat batik jenis ini. Kerumitan lainnya dalam membuat batik jenis ini adalah keharusan menjaga lilin cair agar tetap berada pada suhu 70 derajat celsius.

  • Batik Cap

Teknik cap merupakan teknik kedua yang paling populer digunakan di Indonesia. Teknik ini sendiri merupakan pengembangan dari batik tulis sehingga lebih efisien dan praktis dibanding teknik menulis manual. Alat utamanya adalah stempel tembaga besar yang sudah diberikan pola batik tertentu. Sama-sama menggunakan cairan lilin, batik jenis ini dikerjakan dengan cara men-cap kain mori dengan cairan wax bersuhu 60 derajat celsius.

  • Batik Printing

Dengan zaman yang semakin maju, maka orang-orang menemukan cara lebih canggih dalam menulis batik, yakni dengan teknologi printing. Batik printing dapat diselesaikan dengan cepat dan bisa memberikan hasil yang lebih rumit dari segi pola dibanding dengan batik tulis maupun batik cap. Meskipun begitu, ada argumen yang menyebutkan bahwa batik printing menghilangkan unsur tradisional yang membedakan batik tulis dari batik lainnya.

Beberapa Motif Baju Batik Paling Populer Yang Bisa Anda Coba

WINGGO Jing Shanghai Collar Batik Dress

Setelah tahu lebih banyak tentang batik, maka sudah wajar jika kini Anda ingin mencoba membeli baju batik atau ingin menambah koleksi baju batik Anda di rumah. Nah, sebelum Anda menuju toko favorit Anda untuk belanja, berikut ini ada beberapa motif baju batik yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibeli.

  • Motif Wayang

Para pecinta batik tentu sudah tidak asing lagin dengan motif yang satu ini. Baju batik dengan motif wayang sangat cocok untuk dijadikan koleksinya dan berbagai macam karakter wayang yang unik dan populer sangat digemari oleh berbagai kalangan usia dari yang mudah hingga yang tua.

  • Motif Parang

Motif parang adalah salah satu motif batik zaman modern yang paling populer. Identik dengan warna kuning pucat yang diselingi dengan gradasi cokelat, baju batik dengan motif parang tersedia dalam beragam jenis mulai dari yang besar hingga yang kecil. Sebagai salah satu motif yang sudah cukup lama, kebanyakan orang mengenakan baju batik dengan motif parang saat pergi ke kantor. Jenis motif parang juga bermacam-macam mulai dari Parang Sobrah, Parang Kusuma, Prang Klithik dan lain sebagainya.

  • Motif Sarimbit

Untuk acara formal, batik bermotif sarimbit menjadi pilihan banyak orang. Busana batik dengan motif sarimbit menjadi tren masa kini untuk menonjokan kekompakan para pemakainya. Karena itu, biasanya orang mengenakan baju batik dengan motif ini bersama teman-temannya.

  • Motif Keong

Baju batik dengan motif keong kental dengan nuansa budaya Persia dan India. Baju batik dengan motif keong sudah populer sejak abad 18 dan 19 sehingga sudah cukup familiar di kalangan pecinta batik.

  • Motif Adikusuma

Motif batik ini juga sudah tergolong cukup lama dan sudah diturunkan dari beberapa generasi. Bahkan produsennya, PT. Wieda Sejahtera sempat mendapat anugrah Upakarti tahun 2010 silam karena produk-produknya berkualitas tinggi berkat sutra sebagai bahan dasar batiknya.

Dapatkan Produk Baju Batik Terbaik Hanya di iLOTTE.com

Arjuna Weda Hem Batik Merak Asoka Merah

Bagaimana? Apakah Anda sudah tahu lebih banyak tentang batik sekarang? Cukup banyak pula bukan pilihan motif baju batik yang yang tersedia di pasaran? Semua motif baju batik yang kita bahas di atas bisa dengan mudah Anda temukan di iLOTTE.com. Sebagai salah satu toko online yang masih cukup baru di belantika online shopping di Indonesia, iLOTTE.com justru sudah berada dalam daftar teratas toko online favorit banyak orang di Indonesia. Ini tidak lepas dari kualitas produk-produk yang tersedia di iLOTTE.com. Selain itu, harga yang ditawarkan di toko online ini juga sangat bersaing jika dibandingkan dengan toko online lainnya. Belum lagi bila kita berbicara tentang berbagai fasilitas dan metode pembayaran yang bervariasi di iLOTTE.com, mulai dari transfer antar bank, kartu debit, kartu kredit, instant payment BCA, hingga pembayaran tunai dan e-money melalui semua gerai Indomaret. Semua metode pembayaran ini sudah terverifikasi oleh pihak ketiga sehingga dijamin aman. Anda pun bisa berbelanja dengan tenang dan nyaman. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi web ILOTTE.com atau download aplikasinya ke smartphone Anda sekarang juga dan dapatkan produk baju batik idaman Anda. Hanya di ILOTTE.com, Delivering Trust. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *