Sajian Tahu Yang Spesial, Wajib Anda Cicipi!

Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon yang Pedasnya Nyegerin

Tahu adalah olahan yang terbuat dari kedelai. Kedelai adalah sumber nabati yang baik untuk tubuh. Kedelai juga kaya akan vitamin lainnya. Kedelai juga terdapat protein yang dibutuhkan tubuh. Sehingga tahu sangat bergizi juga sekalin tempe. Tahu memang mempunyai tekstur yang lebih lembut. Nah, jenis tahu terkadang berbeda di setiap kota. Di Bandung terdapat tahu kuning, yang ungkin kota lain hanya terdapat tahu putih. Tahu bisa menjadi sajian lezat seperti tahu Sumedang misalnya. Rasanya yang gurih membuat orang ketagihan. Nah, berikut beberapa olahan tahu lainnya yang spesial.

  • Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah salah satu sajian tahu yang lezat. Bisa dimakan langsung atau dimakan sebagai cemilan. Tahu gejrot ini bahkan dijual oleh bapak-bapak dengan dipikul. Sajian tahu gejrot ini adalah dengan tahu yang digoreng lalo digejrot atau dipenyek ke atas bumbu yang spesial. Bumbunya biasanya ada bumbu kacang, atau bumbu kecap dengan cabe dan bawang putih. Tahu gejrot juga bisa dimakan dengan toge yang direbus.

  • Tahu Bulat

Siapa yang tidak kenal dengan tahu bulat yang digoreng dadakan. Lagu tahu bulat mungkin saja sudah terngiang di telinga anda karena tukang tahu bula lewat dengan mobil pick up. Tahu bulat menjadi sajian populer kini karena memiliki bentuk dan tektur kenyal yang nagih. Tahu bulat memang dibuat lagi dari tahu yang utuh. Cara membuatnya juga orang yang ahli saja biasanya. Tahu bulat dimakan dengan bubuk cabe, bubuk keju yang lezat. Anda juga bisa memakan dengan saos sambal dan mayonnaise.

  • Tahu Walik

Tahu walik baru saja populer di tahu 2019 lalu. Namun hype masih terasa hingga kini. Tahu walik ini mirip dengan batagor kuliner khas Bandung. Perbedaanya adalah tahunya dibalik lalu baru diisi adonan tepung yang sudah diberi ikan. Nah, tahu walik ini dari tahu cokelat yang sudah jadi dijual di pasar. Kemudian anda bisa memakan tahu walik dengan mayonnaise dan saos tomat. Untuk menambah rasa pedas, anda bisa menambah saos sambal. Ditaburi keju juga enak sekali.

  • Tahu Brintik

Sajian tahu selanjutnya yang tidak kalah enak adalah tahu brintik. Tahu brintik ini sudah lama populer. Tahu brintik ini mempunyai rasa yang sangat gurih. Tahu brintik ini digoreng dengna tepung dan bumbu spesial. Jadi rasa brintik yang krispi berpadu dengan tahu yang lembut. Makan tahu brintik juga bisa dengan mayonnaise, saos sambal dan saos tomat. Tahu brintik ini biasanya ada di Mall. Jarang tukang tahu brintik jualan keliling rumah.

  • Baso Tahu

Baso tahu adalah jajanan khas Bandung yang memang kalau di daerah lain disebut siomay tahu. Nah, baso tahu ini pastinya sangat enak dan mengenyangkan. Baso tahu terbuat dari tahu putih atau kuning yang diisi oleh adonan tepung dan ikan. Membuat adonan tepung dan ikan bisa ditambahkan daun bawang juga agar enak. Baso tahu biasanya dimakan dengan bumbu kacang dan jeruk sambal yang lezat.

  • Tahu Bunting

Beberapa daerah menyebutnya tahu bunting atau tahu isi. Tahu bunting punya isi sayuran seperti kol dan toge yang ditumis dengan bawang putih dan cabe. Diisi ke tahu yang cokelatt lalau dilumuri tepung terigu basah dan digoreng di minyak panas. Dimakan dengan cabe rawit, pasti nagih banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *