OTT Bupati Muara Enim Oleh KPK

Hasil gambar untuk Bupati Muara Enim Dalam OTTĀ 

KPK rencananya akan menggelar rapat terkait OTT yang telah dilakukannya sebanyak 2 kali itu. Dimana 2 OTT tersebut satu sama lainnya tidak ada kaitannya. Selasa malam 3 September 2019, KPK telah mengumumkan hasil dari kedua OTT pararel yang dilakukan di Sumsel dan Jakarta. Kegiatan untuk masalah pertama dilakukan di Palembang dan Muara Enim Sumsel terkait tentang kelengkapan proyek jalan di Sumsel.

KPK sebelumnya telah melakukan OTT pada hari Senin malam 2 September 2019 di Palembang dan Muara Enim Sumsel. Dimalam itu memang benar jika KPK telah membawa 4 orang ke Jakarta dari operasi tangkap tangan yang dilakukan di Palembang dan Muara Enim pada hari Senin tersebut. 4 orang yang diamankan dalam OTT pertama itu adalah kepala daerah, pejabat pengadaan, dan rekanan swasta. Diketahui juga jika Ahmad Yani selaku Bupati Muara Enim ikut ditangkap, ada juga pejabat di Dinas PU Bina Marga, dan seorang pengusaha.

Basaria Panjaitan selaku Wakil Ketua KPK melalui pesan singkatnya mengatakan jika adanya transaksi antara pihak Pemkab dan Swasta terkait dengan proyek pembangunan disana. Dilakukan juga penyegelan ruangan oleh tim KPK, dan salah satunya adalah kantor Bupati Kabupaten Muara Enim yang berlokasi di gedung Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muara Enim. Basaria mengingatkan supaya pihak pihak yang berada di lokasi tersebut tidak merusak atau memasuki zona merah tersebut. Pintu masuk ruang kerja Bapak Bupati Muara Enim yang terbuat dari kaca tersebut sekarang ini disegel menggunakan pita garis berwarna merah hitam khas KPK.

Dalam OTT yang dilakukan KPK di Muara Enim dan Palembang Sumsel, disitanya barang bukti berupa mata uang dollar Amerika Serikat. Didapatkannya uang tersebut diduga terkait suap proyek di Dinas Pekerjaan Umum setempat. Saat dikonfirmasi Basaria mengatakan jika uang terkait suap proyek di Dinas PU setempat itu sebesar US$ 35 ribu. Didalam operasi senyap tersebut berhasil tertangkapnya 4 orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *