MAKANAN KHAS BALIKPAPAN INI PUNYA CITARASA TERSENDIRI, KIRA-KIRA MAKANAN APA SAJA YA?

5 Fakta Roti Mantau, Makanan Hasil Akulturasi Tiongkok Khas Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota besar di provinsi kalimantan timur. Dengan sejuta pesona alam khas balikpapan akan membuat anda ingin segera berlibur ke tempat dimana keindahan alam Indonesia yang sebenarnya. Keasrian di kota balikpapan masih terjaga, hal itu terbukti dari tingkat kesejukkan di kota balikpapan tersebut, di tambah lagi dengan masih banyak nya pepohonan hijau khas pulau kalimantan, yang akan menambah hasrat ingin berlama lama di kota indah ini.

Balikpapan juga tak melulu soal keindahan alam, ternyata di kota ini banyak menyajikan sajian kuliner khas yang sayang untuk di lewatkan, Berikut daftar sajian kuliner khas kota balikpapan yang sudah terkenal akan kelezatan nya.

1. Olahan buah salak.

Yang pertama makanan atau kuliner khas kota balikpapan adalah olahan buah salak. Biasanya buah salak di makan dengan bentuk aslinya, tetapi di balikpapan berbeda. Disini, masyarakat asli mengolah olahan buah salak tersebut menjadi makanan menyurupai keuh atau roti yang memiliki rasa nikmat berbeda. Olahan buah salak juga sudah menjadi menu favorit bagi para pengunjung luar daerah kalimantan(Balikpapan).

2. Mantau.

Nah kalau makanan khas Kalimantan timur yang satu ini sangat cocok untuk di jadikan teman ngopi ataupun berbincang hangat. Karena mantau sendiri adalah makanan ringan atau roti tanpa isi yang memiliki rasa manis serta gurih yang pastinya sangat nikmat jika di nikmati dengan sahabat, kerabat, ataupun saudara dekat. Maka dari itu roti mantau sangat rekomendasi sekali untuk kalian yang suka berbincang hangat sembari menyemil mantau.

3. Bingka kentang.

Masih seputar makanan ringan khas balikpapan, kali ini ada makanan yang bernama bingka kentang. Sudah jelas kalau makanan yang satu ini terbuat dari bahan utama buah kentang. Tetapi, yang membuat nikmat adalah citarasa manis gurih yang jarang ada pada bingka lain nya. Hebatnya, bingka kentang khas balikpapan sudah terkenal ke seluruh daerah di indonesia.

4. Abon kepiting.

Buat kalian yang doyan dengan makanan abon, balikpapan punya makanan khas nya yaitu abon kepiting yang sangat sayang untuk di lewatkan. karena biasanya abon terbuat dari daging sapi, ayam ataupun ikan, di balikpapan berbeda yaitu membuatnya dengan bahan utama kepiting. Abon kepiting ini sangat pas untuk teman makan nasi putih di tambah lagi karena citarasa manis, gurih asin, abon kepiting balikpapan sudah terkenal keenakan nya.

5. Bolu gulung jenebora.

Selanjutnya makanan khas balikpapan yang bernama Bolu gulung khas jenebora. Bolu gulung jenebora ini sangat cocok untuk oleh-oleh khas balikpapan karena selain praktis untuk di bawa pulang, variasi rasa yang tersaji pun ada banyak mulai dari, rasa pandan, coklat, green tea dan juga durian. Bahkan banyak yang menjadikan bolu gulung jenebora sebagai oleh-oleh wajib khas balikpapan.

6. Kue ilat sapi.

Dalam bahasa kalimantan kue ilat sapi artinya adalah Keu lidah sapi. Tetapi, kue ini sendiri tak seperti namanya. Citarasa manis gurih menjadi satu dalam sajian kuliner khas balikpapan yang satu ini. Selain itu menu andalan kota balikpapan ini juga banyak di jadikan sebagai oleh-oleh wajib khas dari kota balikpapan. Bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke salah satu kota indah di pulau kalimantan yaitu balikpapan?.

Itulah berbagai sajian kuliner khas dari kota balikpapan. Sebenarnya masih banyak sekali sajian kuliner khas lain nya yang tak kalah lezat dan pastinya sudah banyak di akui oleh para pengunjung luar daerah soal kapasitas dan kualitas rasa dari sajian kuliner khas kota balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *