Keputihan? Yuk, Cegah Bau Tidak Sedap Dengan Mengonsumsi 5 Buah-buahan!

Sumber: Klikdokter.com

Setiap wanita pasti akan mengalami yang namanya keputihan. Hal ini dikarenakan keputihan adalah reaksi yang ditimbulkan dengan cara membersihkan area itu secara mandiri. Dengan kata lain, Miss V memiliki kemampuan untuk membersihkan dari dalam.

Akan tetapi, tidak sedikit yang mengeluh tentang keputihan yang menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini tentu sangat mengganggu di tengah aktivitas yang padat. Ditambah lagi dengan Indonesia yang memiliki iklim tropis di mana membantu proses bakteri dan jamur untuk tumbuh lebih cepat. Tidak heran jika di Indonesia banyak kasus wanita dengan hal seperti ini.

Ternyata, adanya keputihan juga bisa menjadi pertanda beberapa penyakit seperti kencing nanah, radang leher rahim, kanker serviks, dan masih banyak lagi. Tidak hanya keputihan tapi juga akan menimbulkan beberapa gejala yang mudah dilihat, seperti rasa sakit di sekitar punggung, panggul, perut, saat melakukan hubungan, dan saat buang air kecil. Untuk itu jika dirasa keputihan yang Anda alami tidak wajar apalagi sampai merasakan gejala di atas segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan.

Jika Anda tidak ingin ke dokter dan merasa masih belum berada dalam tahap yang parah, Anda bisa mencegah penyakit tersebut dengan mengonsumsi berbagai buah-buahan. Mengonsumsi makanan yang sehat bisa membantu tubuh untuk kuat melawan bakteri dan jamur yang menyerang. Berikut beberapa buah yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah hal tersebut.

  • Pisang

Sebagian orang mungkin tidak menyukai buah pisang. Padahal buah pisang memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut saat dimakan. Ternyata buah kuning satu ini bisa memberikan banyak manfaat salah satunya membantu mencegah keputihan dan mengurangi bau tidak sedap. Pisang dianggap sebagai buah yang bisa menggantikan gula.  

Hal ini dikarenakan mengonsumsi gula pada penderita keputihan sangat tidak dianjurkan. Gula dipercaya bisa menyebabkan terjadinya bau tidak sedap. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi pisang sebanyak 2 buah dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan susu dan madu agar tidak bosan.

  • Jambu

Buah jambu adalah buah yang termasuk sering ditemui dan memiliki berbagai macam manfaat. Terutama pada bagian daun jambu. Daun jambu dipercaya bisa mengobati sakit perut dan sembelit. Ternyata, tidak hanya itu saja. Daun jambu juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah terjadinya keputihan. 

Daun ini dipercaya bisa membantu dalam menjaga kesehatan Miss V. Caranya pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan air rebusan daun jambu untuk membersihkan area kewanitaan agar terhindar dari bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan bau tidak sedap. Mengonsumsi buah jambu juga tidak ada salahnya. Kandungan air di dalamnya bisa membantu tubuh menerima cairan lebih banyak.

  • Delima

Siapa yang tidak kenal dengan buah delima? Di Indonesia, buah delima sendiri jarang ditemukan. Namun, buah ini dipercaya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah keputihan. Anda bisa memakan buah ini secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Tidak hanya buahnya saja, tapi juga daunnya bermanfaat untuk Miss V. Anda bisa mengambil daun delima sebanyak 30 lembar lalu menggilingnya dengan menambahkan merica di dalamnya. Setelah itu, tambahkan air dan minum air tersebut. Jika Anda merasa repot, Anda bisa memakan buahnya saja secara langsung.

Itulah 3 buah yang bisa Anda konsumsi agar terbebas dari penyakit keputihan. Sudah mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *