Kenali Gejala Virus Covid-19 Beserta Cara Pencegahannya

Product Image

Menurut informasi yang di dapat, virus covid-19 alias corona ini pertama kali ditemukan pada akhir Desember 2019 di daerah Wuhan, China. Virus yang satu ini pun menyebar begitu cepat seperti hembusan angin, sehingga banyak Negara yang terkena dampaknya termasuk Indonesia. Mengingat penyebaran virusnya yang sangat cepat, akhirnya pemerintah setempat memberlakukan lockdown guna memutus rantai penyebaran virus corona. 

Berdasarkan dari hasil penelitian, virus corona ini tidak berbeda jauh dengan virus SARS (severe acute respiratory syndrome) dan MERS (middle east respiratory syndrome), dimana mereka akan menginfeksi system pernafasan manusia. Pada umumnya, kasus virus corona tersebut hanya menyebabkan infeksi pernafasan ringan seperti flu. Akan tetapi, virus corona juga bisa memicu terjadinya infeksi pernafasan yang lebih berat seperti SARS, pneumonia, dan MERS. Lantas, seperti apa sajakah gejala yang ditimbulkannya?

Gejala awal dari penderita virus corona itu terdiri dari beberapa kondisi, seperti flu, demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala atau pusing. Setelah itu, maka akan timbul gejala yang lebih berat lagi seperti demam tinggi, batuk berdahan / berdarah, sesak nafas, dan rasa nyeri di area dada. Namun, pada umumnya gejala covid-19 itu hanya terdiri dari demam (suhu diatas 38 derajat), batuk, dan sesak nafas. Biasanya,a gejala covid-19 ini akan muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah seseorang tertular virus corona. 

Tips Mencegah Penularan Virus Corona Yang Harus Kalian Ketahui

Banyak berita hoax mengenai virus corona yang ada di berbagai media sosial. Akibatnya, tak sedikit masyarakat kita yang menjadi panik secara berlebih akibat termakan oleh isu tersebut. Padahal, cara pencegahan virus corona itu sangatlah mudah jika dilakukan dengan tepat lho. Adapun mengenai tips-tipsnya sebagai berikut:

  1. Selalu Mencuci Tangan Sampai Bersih Dengan Air dan Sabun

Meski terlihat sepele, namun kuman dan bakteri di tangan akan mati seketika jika kita mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Jika sudah selesai dicuci, jangan lupa keringkan tanganmu dengan menggunakan tisu atau handuk bersih. 

  1. Menggunakan Masker

Selain menggunakan masker kain, ada dua jenis masker lagi yang direkomendasikan untuk mencegah penularan virus corona. Ya, masker tersebut adalah masker bedah dan masker N95. Masker bedah atau surgical mask ini merupakan masker sekali pakai, yang bisa kita jumpai dengan mudah dipasaran. Masker bedah nyaman digunakan dan cocok untuk kegiatan sehari-hari, serta harganya yang relative murah. 

Lain halnya dengan masker N95 yang memang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara, sehingga harganya pun jauh lebih mahal. Namun, masker N95 kurang nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari lho. 

  1. Menjaga Daya Imun Tubuh

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan imun tubuh, yakni berolahraga secara rutin dan teratur, cukupi waktu istirahat, perbanyak minum air putih, dan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, telur, ikan, susu, daging tanpa lemak, dan suplemen-suplemen multivitamin.

  1. Hindari Kontak Dengan Hewan Yang Berpotensi Menularkan Virus Corona

Tips mudah berikutnya untuk mencegah penularan virus corona, yaitu menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan virus corona. Bukan hanya itu, usahakan juga untuk tidak mengonsumsi daging hewan mentah. Soalnya, daging hewan mentah itu masih banyak mengandung bakteri. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *