Ini Dia Menu Diet Sehat Yang Perlu Anda Ketahui

7 Tren Diet 2019 yang Bisa Kamu Coba, Cepat Langsing dan Sehat

Perlu anda ketahui bahwa menu diet sehat merupakan daftar makanan bergizi seimbang dengan kadar yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh setiap harinya. Dan menu sehat ini bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin menguruskan berat badan saja, namun semua orang bisa mengkonsumsi menu sehat ini. 

Guna mendapatkan manfaat yang lebih optimal, menu diet sehat ini harus mengandung beragam nutrisi esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena nutrisi esensial ini merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dengan makanan yang mengandung nutrisi tersebut. Dalam hal ini, nutrisi esensial yang harus ada dalam menu diet sehat itu terbagi menjadi 2 kategori, yaitu makronutrien dan mikronutrien. Dimana makronutrien ini merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah yang cukup besar untuk memberikan energi pada tubuh. Makronutrien ini terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan mikronutrien merupakan zat gizi yang mendukung kinerja tubuh dan hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil saja. Adapun yang termasuk dengan mikronutrien adalah vitamin dan mineral. 

Pentingnya Nutrisi Untuk Tubuh

Seperti yang diketahui bahwa setiap harinya tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta air untuk mendukung kinerjanya. Lalu apa pentingnya nutrisi tersebut bagi tubuh? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

  • Karbohidrat

Karbohidrat ini merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Sehingga otak akan bekerja secara maksimal jika mendapatkan asupan karbohidrat ini secara cukup.  Adapun contoh karbohidrat ini adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Sedangkan karbohidrat yang harus anda batasi pengonsumsiannya antara lain minuman buah kemasan, nasi putih, minuman bersoda, kue-kue yang manis, keripik kentang, dan permen. 

  • Protein

Protein ini juga merupakan sumber energi bagi tubuh. Dengan asupan protein yang cukup, sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh, membantu menjaga kesehatan tubuh, dan membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Anda bisa temukan protein ini pada kedelai, telur, daging, ikan, kacang-kacangan, unggas, dan keju. 

  • Lemak

Makanan yang berlemak selalu diidentikan dengan makanan yang tidak sehat dan dihindari. Namun ada makanan berlemak yang tidak selalu dihindari. Karena bagaimanapun tubuh juga membutuhkan asupan lemak guna menjaga struktur sel serta membantu jaringan tubuh untuk berfungsi dengan baik, menjaga sistem imun, dan membantu tubuh dalam menyerap vitamin. Walaupun demikian, anda harus membatasi dalam mengkonsumi makanan berlemak ini supaya tidak menyebabkan kenaikan berat badan, dan tidak meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Adapun makanan berlemak yang baik bagi tubuh seperti daging unggas tanpa lemak, ikan, minyak dari sayuran (minyak zaitun). Namun sebaiknya anda menghindari atau membatasi makanan seperti sosis, burger, pizza, dan makanan cepat saji, karena mengandung lemak jenuh yang tinggi.

  • Vitamin dan Mineral

Perlu diketahui bahwa kedua zat ini bisa membantu organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Adapun vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah Vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sedangkan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah zat besi, selenium, zinc, kalium, dan kalsium.

  • Air

Memang air tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun air bisa menghidrasi tubuh. Karena setengah dari komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Untuk mendapatkan asupan cairan yang baik bagi tubuh anda bisa mendapatkannya dari makanan jenis buah-buahan dan sayuran.

Selain membutuhkan asupan berbagai nutrisi seperti di atas, tubuh anda juga membutuhkan kalori yang cukup. Demikianlah informasi kali ini tentang menu diet sehat semoga bermanfaat.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *