Cara Menjaga Kebersihan & Kesehatan Organ Vital Perempuan

6 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Ampuh dan Gak Bikin Lecet

Organ intim wanita sama hal nya seperti organ tubuh kita yang lain. Hanya saja cara perawatannya pun sedikit special, karena memang ini adalah organ yang special yang terhubung langsung dengan Rahim setiap wanita. Oleh karena itu menjaga kesehatan organ vital perempuan sangat lah penting. Ini adalah cara menjaga kesehatan organ intim perempuan yang harus diketahui oleh seluruh perempuan

  1. Jangan menggunakan pakaian dalam di malam hari

Menggunakan pakaian dalam saat tidur meningkatkan resiko terjadinya infeksi jamur pada organ intim wanita. Pakaian dalam, bahkan pakaian dalam yang bagus membuat sirkulasi udara pada organ intim menjad terganggu, bukan hanya itu saja pakaian dalam lama kelamaan akan lembab dan membuat bakteri dan jamur betah. Tetapi jika kalian memang tidak nyaman akan hal tersebut, kalian boisa menggunakan pakaian dalam yang longgar, celana pendek longgar dan yang lebih baiknya lagi adalah kalian bisa pergi tidur dengan telanjang bulat.

  1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

“your vagina is what you eat” pepatah itu memang benar adanya. Pernahkah seorang dokter memberi tahu kalian untuk makan banyak yogurt atau mengonsumsi probiotik saat menggunakan antibiotik? Itu karena tubuh kalian, dan vagina, khususnya, membutuhkan bakteri baik di dalamnya untuk tetap sehat dan menangkal infeksi. Makanan fermentasi dengan kandungan probiotik yang tinggi, seperti yogurt atau kimchi, dapat membantu mencegah infeksi jamur dan menjaga keseimbangan bioma vagina kalian. Juga, rasanya enak.

  1. Jangan terlalu sering mengkonsumsi antibiotic

Kalian pasti sudah tahu dong fungsi dari obat antibiotic. Antibiotic ini adalah obat yang bekerja membunuh bakteri, jika kita mengkonsumsi antibiotic maka bkteri didalam tubuh kita akan mati termasuk bakteri baik pada vagina. Sebenarnya pada organ intim wanita ini memiliki banyak sekali bakteri baik yang berfungsi untuk menghadang bakteri jahat dan jamur yang menyebabkan infeksi. Jika kita mengkonsumsi antibiotrik dan bakteri baik pada organ intim kita ikut mati, saat ada bakteri jahat dan jamur menyerang kita sudah tidak memiliki proteksi pada vagina kita.

  1. Jangan lupa ganti pembalut saat menstruasi

Saat kita sedang menstruasi pastinya kita menggunakan pembalut, untuk menjaga kesehatan organ vital perempuan agar tetap bersih dan sehat pembalut dianjurkan untuk diganti setiap 3-4 jam sekali, mungkin kalian bertanya-tanya bagaima saat kita sedang tidur dan tidak mengganti pembalut saatmenstruasi? The American College of Obstetricians dan Gynaecologists. Tidak apa-apa untuk tidur dan tidak mengganti pembalut, hanya saja usahakan kalian menggunakan pembalut baru saat sebelum tidur dan saat bangun tidur

  1. Membersihkan vulva seperti bagian tubuh lain

Vulva kalian tertutup kulit normal dan dapat dibersihkan dengan cara yang sama seperti kalian membersihkan anggota tubuh kalian yang lainnya dengan sedikit lebih hati-hati.

  1. Tidak menggunakan produk dengan pewangi

Sabun dengan pewangi seperti sabun badan, sangat dianjurkan tidak digunakan sebagai pencuci organ vital. Bahkan sabun khusus vagina dengan pewangipun tidak disarankan digunakan, karena vagina merupakan organ vital perempuan yang lebih sensitive dibandingkan organ tubuh lainnya. Tidak hanya sabun saja Bahkan sesuatu yang sederhana seperti pembalut beraroma atau deterjen beraroma yang digunakan pada celana dalam kalian dapat mengiritasi vagina.

  1. Ganti pakaian yang basah

Untuk klian yang senang berolahraga atau sedang ada acara olahraga di sekolah, pastikan kalian selalu membawa baju ganti. Bukan hanya baju ganti saja tetapi pakaian dalam juga. Karena keringat merupakan tempat yang cocok untuk bakteri dan jamur hidup. Untuk menghindari hal tersebut usahakan secepat mungkinmengganti pakaian dan pakaian dalam kalian saat kalian sudah berkeringat. Usahakan area oprgan intim kalian selalu kering dan tidak lembab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *