8 Cara Membuat Obat Batuk Herbal

Apa Benar Kamu Bisa Tertular Batuk Pilek Jika Makan Minum Bareng?

Sebagaimana yang diketahui bahwa bakteri dan virus ini lebih aktif dan berkembang pada saat musim hujan. Salah satu penyakit yang sering timbul menyerang manusia pada saat musim penghujan ini adalah batuk. Ngomong-ngomong soal batuk. Jika  pada saat ini tenggorokan anda merasa gatal-gatal sehingga menyebabkan batuk, anda jangan khawatir karena dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang 8 cara membuat obat batuk herbal sebagai berikut ini :

1. Lemon dan Jeruk Nipis

Cara membuat obat batuk alami yang pertama adalah dengan menggunakan lemon dan jeruk nipis. Karena kedua bahan alami ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan antibakteri yang berfungsi untuk membasmi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Caranya adalah, anda ambil perasan air lemon dan jeruk nipis. Lalu campur dengan 1 sendok madu dan segelas air, kemudian minum. Mudahkan?

2. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawang merah ini bisa anda gunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai rasa gatal. Hal ini dikarenakan kandungan phytochemical yang terdapat di dalam bawang merah serta antibakteri yang terkandung dalam bawang putih bisa mengatasi kondisi batuk dengan sangat efektif dan ampuh. Caranya juga sangat mudah, anda bisa mengkonsumsinya secara mentah atau anda juga bisa membuatnya sebagai jus. Walaupun rasanya tidak enak akan tetapi kedua bahan alami ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk kering.

3. Daun Kemangi

Cara berikutnya untuk mengatasi batuk secara alami adalah dengan menggunakan daun kemangi. Daun kemangi ini sering digunakan sebagai obat batuk herbal yang sangat aman dikonsumsi. Daun kemangi ini bisa diaplikasikan dengan cara di jus yang dipercaya berkhasiat untuk mengatasi batuk secara lebih cepat. Selain di jus, daun kemangi ini bisa anda konsumsi secara langsung setelah direbus terlebih dahulu.

4. Daun Seledri

Sama halnya dengan daun kemangi, ternyata daun seledri juga sangat ampuh untuk meredakan batuk. Daun seledri ini bisa anda buat jus dengan dicampur 1 sendok madu. Untuk hasil yang maksimal ada konsumsi jus daun seledri ini setiap 3 jam sekali. 

5. Daun Sirih

Daun sirih ini memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang bisa anda manfaatkan untuk meredakan batuk kering dan gatal. Untuk mengaplikasikannya, anda bisa merebusnya sebagai minuman pereda batuk. Jika perlu anda juga bisa menambahkan  potong jahe di dalamnya.

6. Cuka Apel

Cara mengobati batuk secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Karena cuka apel ini memiliki kemampuan untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Pada saat tubuh dalam kondisi menurun, pastinya bakteri akan lebih cepat masuk serta berkembang biak di dalamnya. Bukan hanya itu, cuka apel ini juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk yang aman dan efektif.

7. Kunyit dan Garam

Kunyit ini memiliki kandungan antibiotik yang bisa mengatasi terjadinya peradangan pada saluran pernapasan. Bahan ini bisa anda gunakan untuk mengatasi batuk kering dan berdahak. Caranya adalah, atur beberapa potongan kunyit. Lalu campur dengan 1 sendok garam. Setelah itu anda bisa langsung meminumnya.

8. Lada Hitam

Cara terakhir untuk mengatasi batuk secara alami adalah dengan menggunakan lada hitam. Karena lada hitam ini memiliki kandungan zat yang bisa merangsang sirkulasi udara dalam saluran pernapasan. Bukan hanya itu, lada hitam juga memiliki kemampuan untuk menghambat masuknya virus serta bakteri pada tenggorokan. Dalam hal ini, anda bisa mengkonsumsinya dengan segelas air.

Mudahkan? Nah, bagi anda yang sedang batuk tidak perlu langsung mengkonsumsi obat warung. Namun anda bisa membuat obat batuk herbal yang lebih aman, semoga bermanfaat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *